Epoxy Coating Indonesia Mulai Menjadi Sorotan dunia Konstruksi

Epoxy Coating Indonesia Mulai Menjadi Sorotan dunia Konstruksi

Bagi Anda yang bekerja di dunia konstruksi, Anda pasti tak asing lagi dengan epoxy coating. Epoxy adalah cat yang tersusun dari dua komponen, yaitu polymer dan resin. Resin memiliki fungsi sebagai base sementara polymed sebagai bahan pengeras.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari pengaplikasian epoxy coating pada permukaan lantai, dinding, atau plafon yakni tampilan bagian yang dilapisi epoxy terlihat lebih bersih dan mengkilap. Keuntungan lainnya yaitu tidak terdapat sambungan nat dan permukaan yang dilapisi epoxy menjadi tahan cairan kimia dan lebih kokoh.

Pengertian Epoxy Coating

Epoxy coating juga dikenal dengan istilah cat epoxy, umumnya digunakan untuk melapisi permukaan interior bangunan seperti lantai, dinding, dan plafon agar dapat menghasilkan tampilan dengan warna resin yang sesuai keinginan Anda.

Di samping itu, penggunaan cat epoxy sebagai pelapis dapat memberikan perlindungan terhadap beton dari risiko abrasi dan bahan kimia. Namun, kekuatan cat epoxy diukur dari kualitas dan kandungan padatan yang ada di dalamnya. Sementara kemudahan dalam pengaplikasian cat epoxy dipengaruhi jumlah padatan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat memperhatikan contoh berikut.

  • Apabila kadar solid epoxy sebesar 70%, maka ketika lantai mengering didapatkan hasil akhir sebesar 70%.
  • Apabila kadar solid epoxy sebesar 50% dan diaplikasikan pada permukaan dinding, maka ketika mengering hasil akhirnya sebesar 50%.
  • Apabila kadar solid epoxy sebesar 70% lalu diaplikasikan pada plafon, setelah mengering akan mendapat hasil akhir 70%.

Hubungan Volume Solid Epoxy dengan Hasil Akhir

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa volume solid epoxy atau epoxy padatan berbanding lurus dengan hasil akhir yang didapatkan. Selain itu, terdapat pula jenis epoxy coating yang memiliki ketergantungan terdapat bahan filler yang berwujud pelarut seperti solvents atau air. Campuran ini dapat berpengaruh terhadap tingkat ketebalan lapisan epoxy ketika telah mengering. Misalnya :

Persentase solid epoxy sebesar 100%, kemudian diaplikasikan menggunakan roller dalam keadaan basah setebal 10 mm, maka ketika lapisan epoxy tersebut telah mengering, diperoleh hasil akhir lapisan setebal 10 mm. Namun, jika persentase padatan epoxy hanya 50% dan menggunakan teknik pengaplikasian dengan bantuan roller, maka ketebalan yang dihasilkan ketika lapisan sudah mengering akan berkurang dibandingkan ketika lapisan dalam keadaan basah.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, semakin tebal atau semakin tinggi kadar solid epoxy, maka proses pengaplikasian epoxy akan menjadi semakin sulit dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena tingkat kekentalan (viskositas) dari epoxy yang mengandung banyak padatan lebih tinggi dibandingkan epoxy yang hanya mengandung sedikit padatan.

Pengaplikasian Epoxy Coating pada Elemen Bangunan

Umumnya, resin epoxy digunakan dalam pembuatan plastik, perekat, pelapis, cat, sealer dan primer, lantai, serta produk-produk yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Cat epoxy dipilih karena memiliki daya tahan yang tangguh, tingkat adhesi yang kuat, tahan terhadap kondisi khusus seperti cairan kimia, suhu tinggi, dan beban berat. Beberapa resin epoxy dimanfaatkan dalam konstruksi komersial, perumahan, juga industri..

Sebagai perekat dengan performa tinggi, epoxy biasa diaplikasikan dalam proses pembuatan kayu laminasi yang biasa digunakan pada elemen bangunan seperti deck, atap, dinding, atau bagian-bagian bangunan lainnya yang membutuhkan ikatan substrat yang kuat.

Epoxy dapat membantu menghasilkan lapisan luar yang tahan lama, sekaligus berperan sebagai sealer bagi lantai beton dan lapisan pelindung dari beban berat. Selain dipilih karena mampu memberikan perlindungan dari beban berat, goresan, dan kondisi-kondisi khusus lainnya, epoxy yang diterapkan pada bangunan rumah atau komersial dapat memberikan tampilan yang estetik.

Misalnya, ketika digunakan untuk melapisi lantai chip, lantai agregat berwarna, dan lantai terrazzo. Cat epoxy juga dapat dicampurkan dengan zat aditif lainnya seperti grit polimer agar dapat memberikan hasil tekstur anti selip pada permukaan lantai.

Jenis cat epoxy yang berbasis air dapat mengering lebih cepat dibandingkan jenis-jenis lainnya, sekaligus dapat memberikan lapisan pelindung yang kuat. Seiring perkembangan zaman, teknologi di bidang material konstruksi termasuk epoxy semakin maju, sehingga memungkinkan muncul pengembangan di bidang arsitektur yang berkelanjutan.

Rekomendasi Penyedia Jasa Epoxy Coating Terbaik

Jika Anda tengah mencari penyedia jasa epoxy untuk melapisi lantai pada bangunan, Anda dapat mempercayakan kebutuhan Anda pada Juragan Epoxy yang telah terpercaya berpengalaman menangani ratusan klien selama lebih dari 15 tahun memberikan hasil yang terbaik.

Juragan Epoxy adalah penyedia jasa aplikator epoxy yang tak hanya menawarkan produk berkualitas, tapi juga penawaran harga yang sesuai dengan budget Anda serta garansi selama 1 tahun yang berlaku di seluruh kota di Indonesia. untuk informasi lebih lanjut tentang layanan, konsultasi dan pemesanan jasa, Anda dapat mengunjungi website Juragan Epoxy dan menghubungi contact person yang tersedia melalui telepon atau WhatsApp.

 


Konsultasi & Survey Gratis Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

0821-1076-6718